Apakah Krim Temulawak Mengandung Merkuri

Apakah Krim Temulawak Mengandung Merkuri?

Sebagian besar orang pasti sudah mengenal kosmetik temulawak dan ada banyak orang pula yang mempunyai pertanyaan, apakah krim temulawak mengandung merkuri?

Ingin tahu jawabannya? Yuk simak artikel ini dari awal hingga selesai ya!

Apakah Krim Temulawak Mengandung Merkuri?

Krim Temulawak Mengandung Merkuri.jpg

Temulawak atau yang bernama latin Curcuma zanthorrhiza merupakan salah satu tanaman obat yang tumbuh dan tersebar luas di Asia Tenggara.

Pada umumnya tanaman ini dimanfaatkan sebagai bumbu masak atau minuman herbal.

Namun jika dilihat sebagai obat herbal, temulawak bisa juga bermanfaat baik untuk kesehatan kulit khususnya bagi kulit berjerawat.

Adapun beberapa produk yang sudah menggunakan tanaman ini sebagai bahan dasarnya salah satunya adalah kosmetik merk Temulawak.

Di bawah ini adalah penjelasan mengenai cream temulawak, yaitu:

Apakah Cream Temulawak Aman?

Apakah Cream Temulawak Aman.jpeg

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa tanaman temulawak bisa memberikan banyak manfaat baik itu untuk kesehatan tubuh jika dimasak sebagai jamu dan kesehatan atau kecantikan kulit jika diolah menjadi produk kosmetik.

Namun penggunaan dari produk temulawak bisa saja menjadi tidak bermanfaat dan tidak aman bagi kulit jika mengandung beberapa kandungan berbahaya misalnya seperti paraben dan titanium dioksida.

Ada satu pertanyaan yang seringkali ditanyakan oleh sebagian besar orang yaitu, apakah cream temulawak mengandung merkuri?

Sedikit informasi bahwa merkuri adalah bahan kimia berbahaya yang seringkali dicampurkan ke dalam kosmetik dan bertujuan untuk memutihkan kulit dengan sangat cepat.

Namun bahan merkuri ini sangatlah berbahaya bagi kulit misalnya seperti menghambat saraf, mengganggu sistem pencernaan, gangguan ginjal, dan kerusakan kulit yang parah.

Kembali lagi ke pertanyaan mengenai cream temulawak, krim temulawak berbahaya atau tidak?

Jawabannya adalah tidak karena mereka tidak mengandung merkuri sama sekali dan mengklaim sama dengan produk pemutih lainnya yang akan memutihkan kulit secara bertahap bukannya instan.

Hal ini dikarenakan cream temulawak sudah lolos laboratorium dan uji klinis yang menyatakan bebas dari bahan berbahaya termasuk merkuri sekaligus.

Sebenarnya wajar saja jika masih ada banyak sekali orang yang mempertanyakan mengenai aman atau tidaknya produk ini.

Namun keraguan-keraguan tersebut bisa terjawab dengan sejumlah testimoni para pengguna sebelumnya yang sudah merasakan khasiatnya.

Manfaat dari menggunakan cream temulawak yang asli bisa memutihkan wajah, mencerahkan kulit, membantu menyamarkan flek hitam, mengurangi kerutan atau tanda-tanda penuaan, mengempeskan jerawat, menghaluskan kulit, melembapkan kulit, mencegah komedo, dan memudarkan bekas jerawat.

Cara Menghindari Bahaya Produk Kosmetik Temulawak

Cara Menghindari Bahaya Produk Kosmetik Temulawak.jpg

Walaupun secara ilmiah cream temulawak sudah terbukti mempunyai banyak manfaat tetapi Anda sebagai pengguna haruslah tetap hati-hati.

Hal ini dikarenakan semakin larisnya suatu produk kosmetik maka semakin banyak pula produk pemalsunya.

Baca juga; Macam-macam Produk Kosmetik Temulawak

Jadi Anda harus pintar-pintar memilih mana produk asli dan mana yang palsu serta mana produk yang aman dan mana pula yang berbahaya.

Berikut ini adalah langkah-langkah atau cara yang bisa Anda terapkan saat memilih produk cream temulawak, antara lain:

Pastikan produk tersebut mempunyai izin edar BPOM atau lembaga serupa

mempunyai izin.png

Sebelum memutuskan untuk membeli dan menggunakan cream temulawak, hal yang harus selalu diperhatikan adalah memastikan produk tersebut sudah mempunyai nomor izin edar.

Untuk cara memeriksa nomor tersebut valid atau tidak, Anda hanya perlu membuka dan masukkan data yang diminta di website BPOM.

Jika nomor tidak terdaftar di BPOM tetapi ada di lembaga serupa misalnya seperti FDA maka Anda bisa membelinya karena produk tersebut sudah memenuhi standar keamanan produk.

Periksa komposisi dalam kemasan produk

komposisi dalam kemasan produk.jpg

Cara kedua adalah dengan melihat komposisi yang ada di dalam kemasan produk. Hindarilah produk tersebut jika tidak mempunyai kandungan temulawak asli.

Hal ini dikarenakan sudah ada banyak sekali cream temulawak lain atau palsu yang tidak menggunakan temulawak sebagai bahan utamanya.

Jika tidak mengandung ekstrak temulawak maka klaim manfaat yang sudah diberikan tidak akan Anda dapatkan jika menggunakan produk tersebut.

Selain itu, hindari pula produk yang mempunyai kandungan titanium dioksida karena ini adalah zat yang biasanya digunakan untuk keperluan sehari-hari misalnya seperti pada cat, plastik, makanan, dan kosmetik.

Memang dahulu zat ini dinyatakan aman untuk menjadi bahan kosmetik tetapi pada tahun 2020 The European Commission menyatakan bahwa bubuk titanium dioksida merupakan karsinogen yang bisa memicu penyakit kanker.

Hal ini dikarenakan adanya sebuah penelitian yang diterbitkan oleh IARC (International Agency for Research on Cancer) yang menyatakan bahwa partikel titanium dioksida yang menembus kulit bisa mengganggu kesehatan kulit bahkan menyebabkan penyakit kanker.

Penting juga untuk tidak menggunakan kosmetik dengan kandungan paraben di dalamnya.

Hal ini dikarenakan suatu penelitian mengatakan bahwa kosmetik dengan kandungan paraben bisa mengganggu kinerja sistem hormon dalam tubuh.

Jika Anda menemukan cream temulawak atau produk lain yang mempunyai kandungan 2 bahan ini walaupun sudah mempunyai izin edar yang resmi sebaiknya hindari saja penggunaan produk tersebut karena akan berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Adapun beberapa hal yang bisa dijadikan sebagai patokan dalam membedakan cream temulawak asli dan palsu seperti perhatikan tekstur dan harga.

Tekstur cream temulawak asli bentuknya seperti cream lembut dan terlihat mengkilap. Sebaliknya cream temulawak palsu mempunyai warna yang cerah dengan tekstur kasar dan jika dipegang akan terasa kesat.

Mengenai harga, memang semua orang suka dengan hal-hal yang murah. Namun terkait kosmetik sebaiknya jangan terlalu tergiur dengan harga murah karena itu bisa menjadi indikasi produk palsu dengan kandungan bahan-bahan berbahaya.

Jadi sebaiknya cari harga yang sewajarnya atau cari di website aslinya agar mendapatkan produk asli sehingga bisa memperoleh manfaat yang telah disebutkan.

Cara Menggunakan Cream Temulawak

Cara Menggunakan Cream Temulawak.jpg

Penggunaan cream ini sama seperti penggunaan cream lainnya yaitu hanya perlu dioleskan saja ke wajah.

Namun ada beberapa hal juga yang perlu diperhatikan dalam penggunaan produk ini jika ingin mendapatkan manfaat yang maksimal.

Sebelum menggunakan cream temulawak pastikan wajah Anda sudah dalam kondisi bersih dan kering.

Pastikan juga cream yang Anda gunakan adalah krim yang asli. Kemudian oleskan cream tipis-tipis agar tidak mengakibatkan iritasi pada kulit misalnya seperti kulit mengelupas dan panas kemerahan.

Penggunaan cream siang temulawak bisa digunakan dengan tipis-tipis juga saat siang hari, sementara cream malam temulawak digunakan sebelum tidur dan bilas keesokan paginya.

Jika terjadi efek samping yang cukup ekstrim pada kulit maka sebaiknya hentikan penggunaan. Untuk menghilangkan efek samping kulit kemerahan, Anda bisa mengompres wajah dengan menggunakan es batu atau air dingin.

Konsultasikan dengan dokter jika terjadi efek samping pada kulit yang tidak wajar. Itu dia ulasan mengenai apakah krim temulawak mengandung merkuri yang dapat kami sampaikan.

Mohon maaf jika ada salah informasi dan terima kasih sudah membaca artikel ini dari awal hingga akhir. Semoga bisa bermanfaat dan sampai jumpa lagi di lain kesempatan!

Author profile
Aimara

Seorang beauty advisor dan penulis di lemariwanita.com

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *