Bedak Padat Temulawak Asli dan Palsu

Cara Membedakan Bedak Padat Temulawak Asli dan Palsu

Olahan Bedak Padat Temulawak sering digunakan wanita Indonesia, sehingga anda harus tahu tentang Bedak Padat Temulawak Asli dan Palsu.

Temulawak merupakan bahan yang alami dan sering digunakan oleh banyak masyarakat Indonesia.

Bahan temulawak memang populer sebagai rempah asli yang bermanfaat dan bagus baik dikonsumsi ataupun diaplikasikan ke tubuh.

Baca juga: Cara Mudah Membedakan Toner Temulawak Asli dan Palsu

Bagaimana cara membedakannya? dan apa saja manfaat dari kandungan tersebut? Langsung kita bahas secara lengkap dalam artikel berikut ini.

Manfaat Temulawak untuk Kecantikan

Jika berbicara mengenai bahan kecantikan ataupun bahan alami. Ada beberapa bahan alami yang sudah dimanfaatkan sejak lama. Salah satunya adalah temulawak.

Sebenarnya masih banyak yang belum tahu, keutamaan temulawak pada kulit apabila diaplikasikan setiap harinya.

Jika dilihat temulawak merupakan bahan yang hampir sama dengan kunyit, tetapi untuk segi rasa dan aroma jelas berbeda. Apabila menggunakan temulawak untuk kulit, khasiatnya adalah:

  • Menghaluskan Wajah: Bedak padat temulawak terutama dari bahan asli dapat membantu menghaluskan wajah. Bahkan dapat membantu mengurangi adanya kondisi kulit dengan tekstur kasar.
  • Melembabkan kulit : Nyatanya temulawak dapat membantu melembabkan kulit, sehingga kulit lebih bagus dan lebih sehat. Apalagi jika diaplikasikan pada kosmetik yang langsung digunakan di kulit.
  • Mengecilkan pori-pori: Siapa yang merasa terganggu dengan adanya pori-pori yang besar? nyatanya temulawak dapat membantu mengecilkan pori di wajah. Terutama bagi yang memiliki kondisi kulit berminyak.

Selain ketiga manfaat di atas, temulawak dapat membantu mencerahkan kulit, menghilangkan komedo, jerawat bahkan sel kulit mati.

Ciri Bedak Padat Temulawak Asli dan Palsu

Ada banyak cara untuk bisa menggunakan temulawak dan mengaplikasikannya ke seluruh kulit.

Tujuannya untuk merawat kulit agar lebih sehat, salah satu cara yang paling sering digunakan yakni memanfaatkan temulawak untuk menjadi bedak atau produk make up.

Salah satu produk yang populer ini ternyata memang banyak dipasarkan di Indonesia. Tetapi sayang, ada produk yang asli dan juga palsu.

Bedak Padat Temulawak Asli

Bagaimana cara membedakan bedak padat yang asli dan produk yang palsu yang terbuat dari pewarna buatan ? ada beberapa ciri bedak padat yang asli. Diantaranya adalah:

Tidak Berbau

Ciri pertama yang paling mudah dikenali adalah bau dari produknya. Ada beberapa bedak padat yang memberikan bau khas rempah khususnya temulawak.

Sehingga baunya ini memang tidak dapat tertutupi oleh bau bahan lainnya. Jika seperti ini maka bisa jadi produk tersebut adalah produk asli. Apalagi temulawak memiliki bau khas dan berbeda dengan bau bahan kimia.

Warna Kuning Natural

Sama halnya dengan kunyit, temulawak memiliki warna kuning namun berbeda bukan warna kuning pekat apalagi mencolok layaknya warna yang menarik.

Bahan alami akan memberikan warna yang natural dan cenderung samar saja. Tidak terlalu kental apalagi terlalu mencolok layaknya warna pada kain atau warna krayon.

Terutama jika warna tersebut diaplikasikan pada bedak padat yang akan digunakan pada wajah. Warna kuning yang digunakan akan diminimalisir dan memanfaatkan warna natural saja.

Masa Berlaku Tidak Lama

Selanjutnya ciri yang paling mudah dikenali adalah masa berlaku kosmetik yang tidak terlalu lama. Karena produk yang digunakan adalah produk alami maka tidak ada tambahan pengawet pada bedak padat tersebut.

Umumnya selama ini kosmetik memiliki rentang waktu 1-2 tahun karena adanya bahan pengawet.

Berbeda judul dengan bedak padat yang dibuat dari temulawak asli yang mungkin hanya bertahan 1 tahun saja dan harus habis tergunakan. Lebih cepat jelas akan lebih baik.

Bedak Padat Temulawak Palsu

Selanjutnya adalah bedak padat yang terbuat dari bahan palsu. Dilihat dari harga bedak padat temulawak jelas akan berbeda dengan bedak asli.

Biasanya akan lebih murah atau ukurannya yang lebih besar dibandingkan dengan bedak aslinya. Tetapi ada beberapa ciri lainnya.

Tekstur Bedak Padat

Hal pertama yang paling diketahui yakni tekstur dari bedak padat. Tekstur bedak biasanya lebih padat namun jika terbuat dari bahan alami tetap mudah pecah dan mudah luruh menjadi serbuk.

Berbeda dengan adanya tambahan seperti bahan kimia atau pemadat, sehingga bedak tidak akan mudah rusak apalagi pecah.

Apabila menemukan tekstur tersebut maka sudah jelas bedak tersebut jangan sampai digunakan.

Berbau

Selanjutnya bedak padat yang terbuat dari bahan palsu khususnya temulawak buatan akan tetap memberikan bau namun berbeda dengan bau yang didapatkan dari bahan natural.

Karena bau tersebut berasal dari essens atau pewangi tambahan dan juga bau yang berasal dari bahan kimia.

Jika kita menemukan bedak padat yang wangi, pada bedak rempah natural maka sudah jelas palsu.

Masa Berlaku Sangat Lama

Kosmetik sama halnya seperti obat dan makanan. Walaupun tidak dikonsumsi tetapi kosmetik digunakan untuk membantu mempercantik kulit khususnya para wanita.

Apabila menggunakan bahan berbahaya maka akan memberikan efek buruk. Termasuk bedak padat temulawak yang digunakan.

Pada beberapa produk palsu, karena mengandung bahan kimia maka masa berlaku kosmetik menjadi sangat lama, melebihi standar yang seharusnya.

Tips Menemukan Bedak Padat dari Temulawak Asli

Lalu bagaimana agar kita bisa menemukan perbedaan antara kedua produk ini. Agar tidak terjebak apalagi salah dalam menggunakan bedak padat yang akan digunakan setiap hari.

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan terutama bagi para pemula yang baru belajar bersolek dan menggunakan bedak padat temulawak.

Cek Nomor BPOM

Pertama untuk produk seperti kosmetik dan obat di Indonesia harus terdaftar ke lembaga resmi pemerintah bernama BPOM atau Badan Pengawas Obat dan Makanan. Umumnya produk tersebut akan dirilis dengan nomor terdaftar.

Biasanya dengan adanya akses atau registrasi maka akan otomatis mendapatkan izin dan akan aman untuk digunakan. Termasuk bedak padat temulawak yang digunakan setiap harinya.

Cek Kandungan

Selanjutnya tips ampuh untuk mengetahui mana saja bedak padat yang dikategorikan asli ataupun palsu adalah cek kandungan.

Umumnya bahan yang alami sudah jelas akan mengandung temulawak lebih dai 70% dalam sebuah produk.

Sehingga manfaat dari temulawak sendiri akan lebih mudah didapatkan ketika menggunakan atau mengaplikasikannya ke kulit.

Berbeda dengan adanya tambahan kandungan bahan kimia yang mungkin selama ini tidak dipahami banyak penggunanya.

Mengingat seringkali bahan kandungannya menggunakan bahasa yang tidak kita pahami.

Kemasan yang Sesuai

Produk harus disesuaikan dengan kemasan agar menarik perhatian penggunanya. Apabila memutuskan untuk membeli bedak padat maka kamu akan memperhatikan kualitas dari kemasan bahkan lebih menarik perhatian.

Apabila menemukan produk palsu, seringkali kita menemukan pengemasan yang asal atau bahkan bisa merusak bedak padat yang ada di dalamnya.

Itulah deretan informasi mengenai cara agar bisa membedakan antara bedak padat temulawak asli dan palsu yang ada di pasaran atau yang ingin anda gunakan.

Keduanya mengandung bahan yang sangat berbeda, untuk itu berhati-hati dalam memilih produk apalagi menggunakannya setiap hari.

Author profile
putri uk
Putri UK

Seorang makeup artist dan penulis di LemariWanita.com

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *